Selasa, 09 Mei 2017

Harga-Harga Gitar Akustik Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Jual gitar akustik murah berkualitas
Gitar-gitar akustik. Sumber gambar: wikimedia commons
Gitar merupakan alat musik yang unik. Mengapa? Gitar memiliki variasi harga yang luas, dari yang murah sampai yang sangat-sangat mahal. Jadi tidak ada alasan untuk yang tidak punya budget besar, untuk tidak belajar gitar. Kamu yang hanya punya uang ratusan ribu pun bisa belajar gitar dan menjadi profesional di dalamnya! Tidak seperti alat musik lainnya yang lumrahnya memiliki harga yang tinggi.

Jadi kali ini saya akan membahas mengenai Tingkatan Harga-Harga Gitar. Kamu bisa sesuaikan dengan budget dan keperluan kamu. Yosh! Ayo kita mulai pembahasan yang asyik ini.


1. Gitar Low End


Beli gitar akustik murah yang berkualitas
Gitar kelas low end. Sumber gambar: pixabay.com


Gitar Low End adalah gitar yang paling murah. Harganya dimulai dari Rp. 100.000 sampai Rp. 500.000. Gitar ini tidak termasuk yang second ya, bisa aja orang jual butuh padahal gitarnya masuk Mid End.

Mengenai gitar ini, bisa juga disebut gitar sayur. Terkecuali gitar replika. Kualitasnya jelas kurang optimal jika dipakai untuk profesional. Tapi cukup berguna bagi yang ingin belajar gitar. Sebaiknya kamu yang mau belajar gitar, beli dulu gitar ini. Takutnya kamu putus di tengah jalan, dan kamu terlanjur beli gitar yang Mid End bahkan yang High End. Sayang banget kan kalau nantinya terbengkalai.

Kelebihan gitar kelas Low End adalah harganya yang murah dan mudah dicari di toko-toko musik terdekat.

Sementara kelemahannya, ya Anda pasti sudah tahu, harga menentukan kualitas. Kayu dari gitar ini sudah pasti laminated, dan kita gak tahu laminated apa. Yang penting kayu saja. Lalu beberapa gitar ini belum memiliki trusrod (besi di dalam neck), jadi kalau neck Anda bengkok jelas ini agak repot. Untuk itu diusahakan jangan sering terjatuh atau terbentur, dan jangan simpan di tempat yang lembab, supaya gitar Anda tetap awet dan fresh, setidaknya dapat bertahan beberapa tahun.

Saya pribadi masih menggunakan gitar kelas ini. Maklum belum punya dana. Meskipun begitu, saya sudah cukup mahir mengenal chord, chord jazz, fingerstyle, menyetem gitar, melodi, dan tap.

Jadi jangan minder dan jangan ragu ya membeli gitar ini. Kalau kamu udah sreg sama gitar, kamu bisa berlanjut ke kelas selanjutnya yaitu:

2. Gitar Mid End


Gitar akustik bagus untuk manggung
Gitar Akustik kelas Mid End. Sumber gambar: pixabay.com


Gitar Mid End berkisar dari harga Rp. 500.000 sampai Rp. 2.000.000. Gitar ini sudah cukup bagus untuk dipakai manggung. Biasanya untuk yang Rp.1 jt ke atas sudah pakai equalizer atau preamp, jadi gak usah takut kalau mau manggung.

Kelebihan dari gitar ini adalah seperti yang sudah ditulis tadi, gitar di atas Rp. 1 jt sudah memiliki equalizer yang mumpuni. Material kayunya pun jelas, ada yang terbuat dari kayu spruce, mahogany, ataupun yang lain-lain.

Selain itu gitar ini sudah dilengkapi dengan trusrod sehingga neck bengkok bisa diatasi. Tapi jangan seenaknya dalam merawat gitar. Kalau Anda seenaknya atau semau gue, gitar Anda pasti akan rusak lebih cepat.

Tampilan gitar ini pun tidak sama dengan gitar Low End. Dryernya sudah besi, necknya lebih ramping, bodynya lebih besar, rangka kayunya lebih rapi, bodynya lebih mengkilap, dan jelas lebih membanggakan dibandingkan gitar low end.

Beberapa merk gitar Mid End memiliki kekurangan. Apa itu? Kekurangannya adalah dari material kayu. Beberapa merk masih menggunakan kayu laminated, sehingga hasilnya kurang perfect. Tapi ini sudah cukup kok untuk tampil di depan, kecuali kalau kamu yang suka serba perfect, gitar pasti akan terasa kurang.

3. Gitar High End


Gitar-gitar akustik murah yang bagus
Gitar Ibanez akustik 12 senar. Sumber gambar: wikimedia commons


Gitar ini adalah idaman semua gitaris profesional. Gitar ini berkisar dari Rp.2.000.000, sampai tak terkira, hehehe. Sampai saat ini umunya sih puluhan juta rupiah.

Jelas semua orang akan mikir dua kali untuk membeli gitar ini. Harganya itu lho. Jelas kualitas gitar ini tidak perlu dipertanyakan. Tapi tetap ada yang harus diperhatikan. Apakah itu? Keoriginalannya!

Hati-hati dalam membeli gitar High End, jangan sampai kamu tertipu. Misal ada yang menjual gitar high end ke kamu, eh gak taunya itu gitar replika, kan bisa mampus.

Untuk lebih amannya, kamu bisa ke dealernya langsung. Atau cari seller yang udah punya nama dan testimoni, intinya benar-benar bisa dipercaya.

Kelebihannya jelas sangat banyak, di mulai dari tampilannya yang sangat keren, material kayunya pastinya udah solid (meskipun beragam, ada yang top solid dan full solid body). Lalu equalizer dan preamp yang sangat mumpuni.

Kelemahannya apa? Tetap ada kelemahannya. Kelemahannya adalah dari segi perawatan. Gitar ini benar-benar butuh ekstra perawatan. Gitar kelas High End ini sensitif terkena suhu udara. Usahakan untuk menyimpan gitar di dalam hardcase. Tips tadi berguna untuk semua gitar, tapi untuk gitar yang ini butuh lebih perawatan lagi.

Tambahan!


Salah satu kespesialan gitar high end, atau gitar mid end yang memiliki kayu solid adalah semakin lama kayu, maka suaranya semakin bagus. Dengan catatan tidak terjadi benturan, ataupun hal yang mempengaruhi suara gitar seperti kelembaban. Selama dirawat dengan betul gitar-gitar dengan kayu solid, akan memiliki suara yang jreng banget.

Penutup


Jadi itulah kelas-kelas harga gitar yang perlu kamu ketahui. Kamu mau beli yang mana? Sesuaikan dengan budget ya. Lalu hati-hati dalam membeli gitar, karena takutnya kita tertipu, entah dari harga atau kualitas yang buruk. Nanti akan saya tulis tips membeli gitar dengan benar. Stay tune di Gitarex ya! Salam Gitaris!

2 komentar:

  1. Terimakasih, Gan ^^
    Rencana mau beli gitar yang mana gan? Atau barangkali udah punya gitar? kwkwk

    BalasHapus