Selasa, 02 Mei 2017

7 Hal yang Akan Dialami Setiap Orang Dalam Bermain Gitar

gambar gitar
Sumber Gambar:pixabay.com
Halo, Sahabat Gitarex! Jumpa lagi bersama saya ^^

Kali ini saya sharing tentang sebuah pengetahuan yang umum dalam permainan gitar. Yups! Apa saja yang akan dialami dalam bermain gitar? Itu pasti akan menjadi pertanyaan bagi setiap pemula yang mau menerjuni dunia pergitaran. Main gitar itu ada susahnya, ada juga senangnya. Tunggu apa lagi, ayo kita langsung bahas!

 

7 Hal yang akan Dialami Setiap Orang Dalam Bermain Gitar


1. Jari Tangan Sakit dan Kapalan


Ini pasti dialami semua pemain gitar. Ketika kita pertama kali memainkan gitar, pasti jari kita akan sakit. Banyak orang tidak ingin bermain gitar karena menurut mereka main gitar itu menyakitkan jari tangan. Padahal kalau jari tangan kita udah agak menebal (orang-orang menyebutnya kapalan), jari kita akan sedikit terlindungi.

Banyak sekali orang yang tidak mau mengalami kasus ini. Padahal ini hanya pengorbanan sedikit bagi yang mencintai gitar. Jika kamu tidak mau merasakan resiko ini, sebaiknya kamu beralih ke alat musik lain, seperti piano, saxophone, dsb.

Mungkin kamu tetap bersikeras ingin mempelajari gitar, tapi tetap tidak tahan dengan kesakitan jari-jari kamu, kamu harus cek ketinggian senar gitar! Kenapa? Jelas, kalau senarnya ketinggian, pasti mencetnya harus kuat, dan kita pasti akan kesakitan. Siapapun pemain gitar, baik skill dewa atau pemula, pasti akan kesakitan jika ketinggian gitarnya tinggi (ketinggian gitar dinamakan action). Ketinggian gitar bisa diukur menggunakan koin seratus rupiah. Kata beberapa orang jika senarnya melebihi tulisan seratus rupiah artinya gitar terlalu tinggi actionnya alias bengkok atau cekung.

Terus kalau udah bengkok gimana kak? Nanti akan dijelaskan di artikel yang akan datang.

2. Badan Pegal


Ini adalah hal yang pasti akan dialami saat pertama kali bermain gitar. Tubuh kita pasti akan pegal. Ya, wajar saja, namanya masih pertama kali. Tubuh kita sedang beradaptasi pada sesuatu yang baru. Tapi ini hanya sebentar saja kok. Semuanya akan cepat berlalu kalau dinikmati. Yang penting enjoy saja.

Cara mengatasinya adalah beristirahat 5 menit sekali setiap 30 menit. Kamu bisa minum kopi atau berjalan-jalan sebentar. Tidak usah kaku. Ini bukanlah pekerjaan yang musti kamu kerjakan dalam sehari. Sebaliknya bermain gitar harus dibawa santai.

3. Merasa Tidak Bisa (Pesimis)


Ini pasti muncul dalam benak kita, bahwa kita tidak cukup mampu untuk bermain musik seperti orang-orang yang jago dalam bidang musik. Tapi perlu diketahui, pikiran ini harus dibuang. Sebab musik adalah keterampilan. Artinya kita bisa kalau kita terbiasa. Kita berlatih terus, sampai kita bisa.

Mungkin pertama kali, kamu merasa kaku saat memposisikan jari-jari di senar gitar. Lakukan terus! Atau kamu masih kaku saat menggonjreng (istilahnya strumming), terus berlatih. Iringi dengan istirahat singkat dan tetaplah miliki kemauan untuk bisa. Kamu pasti akan bisa.

Jika kamu merasa minder dengan orang yang lebih hebat daripada kamu, kamu harus tahu apa yang membuat orang itu hebat. Apakah gayanya dalam fingerstyle atau strumming, nah nanti kamu pelajari dan berharap bahwa kamu akan bisa kalau kamu mau berusaha. Kamu pasti bisa!

4. Terkejut Saat Senar Putus


Ketika kita memainkan gitar terlalu kencang, ataupun memutar senar terlalu kuat sehingga melewati batas kekuatan senar, senar pun akhirnya putus. Ini pasti akan mengejutkan kamu. Kamu khawatir senar itu akan melukai kulit kamu.

Tipsnya adalah ketika kamu memasang senar baru, usahakan untuk tidak dalam keramaian orang. Artinya jangan ada yang mendekati kamu. Putar dryer pelan-pelan sampai nadanya sesuai dengan senar. Setem nada gitar dengan baik, jangan gunakan setelan yang tinggi.

Lalu tips kedua, jangan memainkan gitar dengan pick yang tebal. Jangan juga strumming dengan kencang. Cukup santai saja, pelan-pelan dengan irama. Itu akan membuat senar gitar tidak mudah putus.

5. Bosan dan Malas Bermain Gitar


Ada kalanya juga lho para pemain gitar merasa bosan memainkan gitar. Tapi ini ada positifnya juga. Kita bisa beristirahat dan melakukan hal lain saat bosan memainkan gitar. Kita bisa membaca buku, atau bermain games sebentar.

Bosan itu wajar. Malas juga wajar ya? Ini memang wajar. Tapi kalau kamu mau cepat berkembang, kamu harus singkirkan rasa malas. Kalau kamu dihinggapi rasa malas, pasti kamu tidak akan penasaran dengan apa itu gitar. Padahal kunci bermain gitar adalah rasa penasaran. Jika kamu penasaran, kamu pasti akan memiliki keinginan yang kuat dalam mempelajari gitar.

6. Merasa Keren dan Bangga


Apakah kamu merasa keren saat memainkan sebuah gitar? Tentu saja, pasti kamu akan terkesan keren. Mengapa? Tidak semua orang bisa memainkan gitar. Karena itulah kamu pasti akan merasa keren, hehehe.

Atau setelah kamu mempelejari suatu kemampuan, pastinya itu akan sangat membanggakan. Apalagi sudah bersaing dengan para musisi dan go internasional. Pastinya itu akan membanggakan diri kamu dan setiap orang. Apakah kamu mempunyai impian sehebat itu? Tidak ada salahnya untuk mewujudkan impian hebat itu!

7. Minder Karena Tidak Punya Gitar Bagus


Bagi kamu yang sudah cukup paham mengenai gitar, dalam hati kamu pasti pengen gitar yang lebih bagus lagi. Kamu begitu ingin, padahal mungkin keuangan kamu sedang tidak baik. Akhirnya kamu merasa minder dan iri pada orang yang punya gitar bagus.

Kalau kamu mulai merasakan perasaan ini, kamu harus percaya bahwa suatu saat kamu pasti akan mempunyai gitar yang cukup bagus untuk kamu mainkan. Kamu akan mendapatkan sesuatu yang layak kamu dapatkan. Percaya dan berusaha. Jangan lupa berdoa. Jadilah gitaris yang baik, yang menerima gitar dengan sepenuh hati. (Duh mulai ceramah deh, ini memang hobi si penulis)

Penutup


Sekian dari saya. Saya sudah mengalami semua pengalaman itu, hehehe. Tapi saya rasa pengalaman saya dalam bermain gitar tidak sebanyak para master gitar-gitar yang saya kenal, seperti Sungha Jung, Om Jubing Kristianto, Andrew Foy, dll.

Untuk kamu yang mau belajar gitar, hal-hal tadi pasti akan dialami. Tapi jangan merasa takut ataupun khawatir. Semua hal itu tidak ada apa-apanya dibandingkan rasa senang yang akan didapat. Tetaplah memetik gitar, salam gitarex! Sampai jumpa lagi ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar