Selasa, 16 Mei 2017

4 Tips Terjamin Membeli Gitar Berkualitas untuk Para Pemula

Tips Membeli Gitar


4 Tips Terjamin Membeli Gitar Berkualitas untuk Para Pemula
Gambar toko gitar. Sumber: wikimedia commons

Memiliki gitar yang bagus adalah keinginan semua gitaris baik senior maupun junior. Salah satu cara memiliki gitar adalah membelinya, tentu saja masa mau merampok? kwkwkw. Di sini saya akan menjelaskan apa saja yang harus kita lihat sebelum membeli gitar. Mudah-mudahan kiat-kiat ini dapat membantu kamu dalam memilih gitar yang ingin kamu beli.

Membeli gitar ini tidaklah sulit, hanya butuh ketelitian dan budget. Jadi apa saja yang harus kita perhatikan dalam membeli gitar?

1. Harga Gitar

bagaimana caranya membeli gitar?
Gitar-gitar listrik dan akustik. Sumber gambar: wikimedia commons

Dalam artikel sebelumnya dijelaskan mengenai 3 kelas harga gitar. kamu bisa membaca artikel tersebut untuk menambah pengetahuan kamu mengenai harga-harga gitar, kelemahan, serta kelebihannya.

Harga gitar jelas menentukan kualitas. Jika kamu tidak punya budget yang besar, kamu bisa membeli gitar kelas Low End, atau disebut juga gitar sayur.

Saran saya, lebih baik kamu membeli gitar sayur daripada gitar replika yang tidak berkualitas. Gitar sayur jelas lebih murah dibandingkan gitar replika. Untuk mempelajari dasar-dasasr seperti chord atau kunci, stem senar gitar, fingerstyle, dan teknik-teknik lainnya, kamu sudah cukup menggunakan gitar sayur. Nah jika kamu sudah merasa sreg, kamu bisa membeli gitar Mid End, yang relatif lebih mahal, dan kualitasnya sudah sangat oke.

Nah berhubungan dengan gitar sayur, konon katanya gitar sayur memiliki kualitas yang buruk mengenai actionnya (ketinggian senar ke fret). Sebenarnya sih, ini sesuai dengan perawatan kamu. Jika kamu tidak merawatnya dengan benar, jelas gitar kamu akan gampang rusak.

Jadi usahakan rawat gitar kamu, meskipun gitar murah supaya tetap enak dipakai sampai kamu merasa profesional dalam bermain gitar.

2. Jenis Gitar

Setelah kamu menentukan harganya, misalkan kamu memutuskan untuk membeli gitar kelas Mid End. Nah kamu harus memutuskan kamu mau beli gitar akustik folk atau akustik klasik. Sesuaikan dengan tujuan kamu main gitar. Apakah kamu ingin main untuk pop, atau jass, atau klasik? Nah misalkan kamu ingin bermain klasikan kamu bisa membeli gitar klasik. Tapi sekali lagi sesuaikan dengan budget kamu. sebab saya sendiri berlatih bermain lagu klasik lewat gitar sayur. Tidak ada aturan pasti untuk mempelajari sesuatu. Jadi selama ada kemauan pasti ada jalan.

3. Belilah Gitar Pilihan Kamu

 

membeli gitar berkualitas
Gitar akustik keren

Misalkan kamu sudah tentuk mau beli gitar apa, sekarang kamu harus membelinya dan melihatnya langsung. Kalau lewat online gimana kak? Usahakan untuk COD atau ketemuan. Atau jika ingin membeli lewat online usahakan untuk membeli dari seller yang terpercaya, yang memiliki testimoni yang bisa dipercaya. Namun usahakan untuk membeli secara offline, alias tatap langsung. Mengapa kita harus membeli secara langsung?

a. Cocok atau Enggaknya Gitar

Kita harus mencoba menggunakannya. Kita harus memegang necknya, memainkan senarnya, ukuran gitarnya, semuanya harus kamu coba. Apakah kamu cocok? Apakah pas? Kalau kamu tidak enak memainkannya, pasti akan mengganggu permainan gitar kamu.

b. Mengatasi Penipuan

Nih yang paling membahayakan. Jika membeli barang online ada kemungkinan kita tertipu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus ketemuan secara langsung. Ketemuan secara langsung pun harus hati-hati. Kita harus seksama dan teliti. Karena bisa jadi gitar yang akan kita beli adalah gitar palsu. Untuk itu penting juga untuk ditemani seseorang yang sudah profesional dalam gitar, supaya kita tidak tertipu dengan gitar abal-abal.

c. Bisa Berkenalan Dengan Seller


Selain kedua alasan di atas, ini juga penting. Kita bisa menambah teman dengan seller itu. Dengan menambah teman, tentunya ilmu kita akan bertambah. Banyak teman, banyak pengalaman.

4. Yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Gitar


a. Visual atau Tampilan Luar


Kita harus melihat dulu gitar yang ingin kita beli. Misalkan gitar baru, kita harus melihat apakah ada yang lecet atau retak. Selain itu kita juga harus melihat necknya apakah bengkok atau tidak. Neck bengkok dapat ditentukan dengan kerasnya memencet senar gitar.

b. Perhatikan Kelengkapan Gitar


Perhatikan kelengkapan gitar seperti tas (untuk gitar kelas mid end dan high end), pick, pickguard, dll. Lalu perhatikan juga kelengkapan bagian gitar seperti, nut dan saddle, lalu apakah dryernya berkarat, perhatikan semuanya dengan detail ya, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

c. Mainkan dan Coba


Kamu harus memainkan calon gitar kamu itu. Perhatikan suaranya, lalu ukurannya, dan hal-hal lain yang mempengaruhi cara bermain kamu. Jika kamu merasa kesulitan dengan ini kamu bisa membantu teman kamu ikut menilai, tapi tentunya kamu yang memilih ya.

d. Tanyakan pada Penjual


Kamu boleh menanyakan pada penjual misalkan mengenai konstruksi kayunya, apakah menggunakan kayu laminated atau solid. Jika kamu ingin menanyakan hal tersebut kamu harus tahu gitar mana yang kamu beli. Jelas akan terasa lucu jika kamu menanyakan gitar sayur terbuat dari kayu solid apa? Jadi tanyakan dengan tepat sesuai dengan tempatnya.

Tapi kamu harus berhati-hati juga dengan penjual. Mengapa? Ya namanya juga penjual, beberapa diantaranya pasti pintar merayu. Jadi hati-hati ya.

Tambahan!!!


1. Jika kamu seorang pemula yang membeli gitar sayur, lalu merasa bahwa tangan kamu sakit karena memakai gitar sayur, saya tekankan itu WAJAR! Jadi jangan terlalu menyalahkan karena gitarnya jelek, lalu hendak membeli gitar yang mahal. Sebenarnya itu proses. Sebab kalau kamu menggunakan gitar yang mahal pun akan tetap terasa sakit. Jadi nikmati ya proses ini.

2. Beberapa orang bilang, untuk gitar yang mid end dan high end yang solid bisa ditentukan dari warna nut. Jadi kalau warna nutnya berwarna kuning kecoklatan itu artinya gitarnya sudah lama. Tapi ini tidak bisa jadi jaminan ya, sebab gitar itu lebih ditentukan oleh suara dibandingkan tampilan luarnya.

3. Belilah gitar di toko-toko yang terpercaya dan memiliki testimoni dari orang-orang yang sudah profesional. Biasanya toko-toko ini melayani kamu dengan baik, karena setiap toko yang baik tidak hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri, melainkan juga pembelinya.

Penutup

Oke sekian artikel mengenai tips dan cara-cara membeli gitar dengan benar. Semoga bermanfaat bagi kamu yang hendak membeli gitar. Bagi kamu yang pakai gitar sayur jangan minder, dan bagi kamu yang merasa down ataupun putus asa, ayo bangkit lagi. Main gitar itu gak sesusah yang kamu bayangkan. Hanya perlu waktu saja. Kamu mainkan gitar kamu dengan senang hati, dan seiring berjalannya waktu kemampuan kamu pasti bertambah, karena saya merasakan hal seperti itu.

Bermainlah dan bersenang-senanglah dalam musik. Sebab tidak ada istilah mengerjakan musik, tapi yang ada bermain musik.

Sekian dari saya, Hepy Kusuma Wijaya, sampai jumpa di artikel berikutnya. Jika ada yang ingin ditanyakan, boleh kamu tanyakan di kolom komentar, akan saya jawab pertanyaan dengan senang hati. Have a nice day, and stay tune in Gitarex oke...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar