Kamis, 20 April 2017

Pengertian Gitar serta Bagian-Bagiannya yang Perlu Diketahui Seorang Gitaris

Apa itu Gitar?

Pengertian Gitar

pengertian gitar dan bagian-bagian gitar
Sumber: pixabay.com

Udah pada tahu kan apa itu gitar? Gitar memang salah satu komponen yang penting dalam dunia musik. Gitar adalah alat musik dawai atau alat musik petik, yang umumnya dimainkan dengan cara dipetik atau digenjreng. Umumnya menggunakan jari ataupun pick (alat untuk menggenjreng, bisa terbuat dari plastik, besi, ataupun tulang). Gitar bisa dimainkan dalam berbagai genre musik, pop, blues, jazz, reggae, dan juga metal.

Gitar memiliki banyak jenis, namun yang paling umum adalah gitar akustik dan gitar listrik. Gitar akustik adalah gitar yang memiliki konstruksi hollow body (berlubang). Sementara gitar listrik adalah gitar yang suaranya diperkuat menggunakan pick up, kalau tidak memakai pick up suara yang dihasilkan akan sangat kecil.




 

Bagian-Bagian Gitar


Gitar memiliki bagian-bagian yang perlu kamu ketahui. Gitar memiliki 6 senar yang bertuning atau bernada EADGBE (kapan-kapan akan saya jelasin mengenai tuning ini). Umumnya sih 6 tapi ada juga yang memiliki senar 12, dan untuk gitar listrik ada juga yang memilki 7 senar, 8 senar, 9 senar, dan masih banyak lagi.

Kali ini kita bahas yang umum saja. Baiklah di bawah ini adalah gambar sebuah gitar.

Gambar bagian-bagian gitar. Diambil dari Flickr.com
Ada tiga bagian utama yang terdapat dari sebuah gitar, yaitu Bagian atas disebut juga headstock, lalu di tengah neck, dan di bawah bagian body gitar. Baiklah akan saya jelaskan satu per satu, sesimpel dan sepadat mungkin. Menurut saya dan menurut seorang yang tidak saya sebutkan di sini, waktu yang kita gunakan untuk belajar, adalah waktu yang tidak kita gunakan untuk praktek. Oke, saya jelaskan satu per satu.

1. Headstock

Headstock gitar
Headstock gitar. Sumber: wikimedia commons.

Headstock ini adalah bagian atas suatu gitar. Di bagian ini ada beberapa bagian yaitu:

a. Tuning pegs (kadang disebut dryer), fungsi tuning pegs ini adalah untuk mengatur kencang dan longgarnya senar. Tuning pegs di bagian bawah diputar ke kanan, sementara tuning pegs yang atas diputar ke arah kiri.

Tips dari saya, jika tuning pegs kamu udah mulai karatan atau agak macet, kamu harus kasih oli atau minyak, dan usahakan untuk teratur supaya tidak cepat rusak. Lalu tips yang kedua saat memutar tuning pegs usahakan untuk pelan-pelan dan jangan dipaksakan jika senar sudah maksimal, bisa berakibat putus pada senar.

b. Nut, nut adalah plastik kecil di bagian headstock. Gunanya adalah untuk menyangga senar supaya senar gitar tidak menempel di fret (besi-besi yang menancap pada neck gitar).

 

2. Neck 

Neck gitar bass
Neck bass. Sumber gambar: Flickr.com

Neck inilah bagian yang kita gunakan untuk memainkan chord atau kunci-kunci gitar. Neck biasanya memilki kisaran 18 sampai 22 fret. Neck setiap gitar memilki bahan kayu yang berbeda-beda, ada yang menggunakan rosewood, mahogany, dll.
Tips dari saya, usahakan untuk membersihkan bagian neck ini secara teratur. Jangan sampai neck kotor karena jamur-jamur atau daki. Jika kotorannya menempel dan jarang dibersihkan akan berdampak buruk pada fretnya sehingga suaranya menjadi fals atau buzz. Jika sudah fals, fretnya harus diganti, dan mengganti fret itu tidak mudah. Jadi dirawat benar-benar ya gitarnya.

3. Body


Baiklah kita sampai di bagian terakhir dari bagian gitar. Bagian body adalah bagian yang berfungsi sebagai resonasi suara. Bentuk body bermacam-macam. Ada dreadnought, ada juga jumbo, dll, bisa dilihat di gambar. Body gitar adalah salah satu penentu suara gitar. Dilihat dari konstruksi seperti pada gambar, dan juga material kayunya. Nanti akan saya jelaskan mengenai material kayu untuk gitar.

Di bagian ini terdapat beberapa bagian.

a. Soundhole, soundhole adalah lubang yang hanya terdapat pada gitar akustik, sementara gitar listrik tidak memiliki soundhole. Fungsinya adalah untuk resonansi suara.

b. Bridge, bridge adalah tempat kita untuk memasang senar, lalu di sambung ke bagian tuning pegs.

c. String atau senar, string atau senar terdiri dari dua jenis, string baja ataupun nylon. Gitar akustik atau elektrik umumnya menggunakan string baja, sementara gitar akustik klasik biasanya menggunakan klasik. Ukuran bermacam-macam, dari yang besar sampai yang kecil.

d. Pick Guard, Pick guard adalah plastic yang menempel dekat soundhole. Gunanya adalah ketika kita menggenjreng menggunakan pick tidak langsung mengena pada body. Kadang ada gitar yang memiliki pickguardnya. Jika kamu mau beli, kamu bisa tanya ke toko-toko musik terdekat (bukan promosi lho ya hehehe)

Nah itu dia pengertian gitar dan bagian-bagiannya. Saya akan menuliskan jenis-jenis gitar di artikel selanjutnya. Artikel ini sudah cukup panjang, masa kita baca terus tanpa ada istirahatnya, ada baiknya kamu beristirahat dulu, genjrang-genjreng sedikit, minum kopi, lalu tambah lagi ilmunya. Kan kalo gitu asyik! Ok, sekian dulu yo. Makasih sudah mau berkunjung, bila berkenan share yo ke teman-temanmu! Salam genjreng! Gitarex!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar