Selasa, 25 April 2017

Mengenal Nada dan Peralihan Nada Pada Gitar

bagaimana cara memainkan gitar
Sumber gambar: pixabay.com
Saya mempelajari ini secara otodidak. Awal saya mempelajari gitar adalah mempelajari kunci-kunci atau istilah kerennya chord. Nah dari chord-chord yang diajari oleh teman dan senpai saya, akhirnya saya cukup paham dalam permainan gitar. Kali ini saya mau membagikan ilmu ini pada kalian. Sangat mungkin bagi kalian untuk mempelajari ilmu ini, karena ilmu ini adalah teknik pembiasaan. Jadi sering-sering latihan ya.

Jadi seperti ini, ada beberapa hal yang harus kamu pahami.


1. Chord-chord


Sekilas mengenai chord. Sebelumnya kamu tahu mengapa kunci C disebut kunci C? Kunci C terdiri dari 3 nada (disebut juga chord triad). Coba kamu gonjreng kunci C. Nah kunci C mengandung: nada C di senar 5, nada E di senar 4, nada G di senar 3 (gak dipencet, nada ini disebut open note), lalu nada C lagi di senar 2, dan nada E di senar paling 1. Jadi totalnya ada tiga nada yaitu C, G, E.


Kok bisa tahu kak? Kalau kamu pengen hafal semua nadanya, gampang. Setiap kunci, misalkan kunci D, nah bassnya itu adalah kunci D. Tapi kak, mana nada bass yang D kan ada 3 senar bass? Ok akan saya jelaskan.

Dalam seteman normal (EADGBE), nada yang paling rendah adalah E (senar 6). Rumusnya gini:

E - F - F# - G - G# - A - Bb - B - C - C# - D - D# - E

Kunci yang tidak punya kres (tanda # artinya naik setengah nada) adalah E, A, dan B. Misal kamu petik senar 6 di fret ke nol (bahasanya open note atau nada terbuka). Dalam setelan EADGBE, senar 6 bernada E, lalu senar 2 bernada A, senar 3 bernada D, dan selanjutnya.

Baiklah, kamu sudah memetik senar 6? Nah itu adalah nada E, jika kita geserin satu fret maka akan menjadi nada F (sesuai rumus diatas), lalu kita geserin satu fret lagi (jadi dalam fret ke 2) akan menjadi nada F#, selanjutnya sampai ke pinggir.

Di senar 6 fret ke lima memiliki nada apa coba? Yups betul sekali nada A. Nada A ini sama seperti nada di senar 2 open note. Coba kamu petik keduanya secara bersamaan, senar 6 fret 5 dan senar 5 fret 0, pasti sama!

Jadi seperti itu caranya mengenal nada. Yang penting kamu tahu dulu mengenai nada-nada biasa tanpa nada kres. Misal kamu mau bereksperimen, mengapa tidak? Itu mengasyikkan!

Rumus di atas berlaku pada semua senar. Misal kamu mau coba disenar ke 3 yaitu senar G (sekarang udah tahu kan kenapa nada 3 disebut nada G? Kalau belum silakan cari jawabannya dengan praktek). Geserin aja supaya mendapatkan nada yang dinginkan.

Apakah Bisa Digunakan pada Chord?

Rumus ini bisa digunakan juga untuk chord. Misalkan Chord E. Chord E terdiri dari

Senar 6 = fret 0 = nada E
Senar 5 = fret 2 = nada B
Senar 4 = fret 2 = nada E
Senar 3 = fret 1 = nada G#
Senar 2 = fret 0 = nada B
Senar 1 = fret 0 = nada E

Nah kalau kita naikan satu fret atau naikkan setengah nada (dalam gitar naik satu fret berarti setengah nada sementara dua fret artinya naik satu nada). Kunci E akan menjadi F setelah di naikkan.

Ingat rumus (kalau perlu, kamu tulis di kertas):

E - F - F# - G - G# - A - Bb - B - C - C# - D - D# - E
Maka Chord F tadi akan menjadi

senar 6 = fret 1 = nada F
senar 5 = fret 3 = nada C
senar 4 = fret 3 = nada F
senar 3 = fret 2 = nada A
senar 2 = fret 1 = nada C
senar 1 = fret 1 = nada F

Sama halnya kunci D, misalkan kita mau naikan 1 nada full dari D menuju E

Kunci D terdiri dari:

Senar 4 = fret 0 = nada D
senar 3 = fret 2 = nada A
senar 2 = fret 3 = nada D
senar 1 = fret 2 = nada F#

jika dinaikkan ke kunci E akan menjadi

senar 4 = fret 2 = nada E
senar 3 = fret 4 = nada B
senar 2 = fret 5 = nada E
senar 1 = fret 4 = nada C#

Bisa juga ditambahkan senar 6 fret 0 (toh sama nadanya nada E), lalu tambahkan juga senar 5 fret 2 (nada B).

Jadi itulah nada-nada yang perlu kamu ketahui dalam bermain gitar. Jadi singkatnya artikel ini menjelaskan tentang:

1. Nada pada Setiap Senar
2. Peralihan Chord dari rendah ke tinggi


Mungkin sekian saja, jika ada yang kurang paham, kamu bisa menanyakannya di kolom komentar. Awalnya juga saya bingung, apalagi ketika saya mempelajari nada-nada setiap senar dan fret. Tapi kalau dinikmati semuanya terasa cepat berlalu, dan akhirnya kita pun menjadi mahir. Jangan menyerah, dan tetaplah menjadi seorang bintang! Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar