Kamis, 20 April 2017

Jenis-Jenis Gitar yang Harus Kita Ketahui Sebagai Seorang Gitaris

2 Jenis Gitar yang Paling Umum

Halo, kembali lagi bersama Gitar Ex!

Jenis-Jenis Gitar yang Perlu Kita Ketahui
Gambar Gitar Akustik: Sumber: pixabay.com
Kali ini saya akan menjelaskan mengenai jenis-jenis gitar. Bermain gitar selama 3 tahun (meskipun belum pernah manggung), memberikan saya sedikit pengalaman dalam dunia pergitaran. Salah satunya adalah jenis-jenis gitar.

Jenis gitar terbagi dua yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Untuk gitar akustik ada juga yang menggunakan preamp atau pick up untuk digunakan
saat tampil manggung.


1. Gitar Akustik


Gitar akustik terdiri dari dua jenis, yang menggunakan senar baja disebut gitar akustik folk, dan yang menggunakan nilon disebut gitar klasik.

a. Gitar Akustik Folk

Gambar gitar akustik. Sumber: pixabay.com

Dari segi konstruksi sudah berbeda. Gitar akustik menggunakan senar baja. Gitar akustik biasanya memiliki neck yang lebih ramping dibandingkan gitar klasik. Dari segi permainan pun berbeda. Umumnya gitar akustik folk dimainkan dengan cara digenjreng, dipetik menggunakan pick, atau dipetik menggunakan ujung jari atau kuku, kita menyebutnya dengan teknik fingerstyle. Bentuk body gitar akustik pun bermacam-macam seperti yang gambar di bawah ini.

Gitar akustik folk cocok untuk pemain gitar pemula. Gitar akustik folk ini bermacam-macam kualitasnya, sesuaikan dengan budget kamu ya. Jika kamu tidak punya cukup budget, jangan terlalu memaksakan untuk membeli yang mahal. cukup yang murah saja, karena dari gitar yang murah itu kita pelajari dasar-dasarnya, seperti chord atau kunci, cara setem senar gitar, cara menggenjreng, cara picking, dll. Yang penting kita dapat ilmunya dulu. Setelah kita bisa, kita akan jadi lebih pede ketika memakai gitar yang kelasnya high-end. Tapi jika kamu punya budget, dan ingin serius tidak ada salahnya untuk membeli yang mahal. Dengan syarat kamu serius ingin belajar, karena kalau kamu setengah-setengah, kan sayang uangnya, hehehe. By the way saya sendiri masih pakai gitar sayur (gitar murah), saya belum punya budgetnya. Selama tiga tahun saya menggunakan gitar sayur, entar deh saya jelasin di artikel lain kwkwkw.

b. Gitar Klasik

gitar klasik terbaik
Gitar Klasik. Gambara diambil dari pixabay.com

Gitar klasik adalah gitar yang menggunakan senar nilon. Neck pada gitar klasik ini cukup lebar, kurang nyaman untuk dipakai anak-anak atau orang yang memiliki tangan kecil (maaf sebelumnya hehehe). Gitar ini cocok untuk bermain klasikan, lagu-lagu klasik solo. Karena dengan neck yang lebar, jari-jari terasa lebih leluasa dalam menjelajahi dunia fret gitar (bahasanya ampun!). Selain itu jika kita lihat headstocknya, headstock gitar klasik memiliki keunikan tersendiri dibandingkan gitar akustik folk. Saran saya, jangan mencoba menggunakan senar baja, untuk gitar ini, karena memang gitar ini hanya cocok menggunakan senar nilon. Kalau pakai senar baja, jadi kurang enak dimainkan.

Gitar klasik umumnya memiliki harga mid-end, dan high-end. Mempelajari gitar klasik harus lebih sabar dibandingkan gitar akustik biasanya, karena chord-chordnya bervariasi. Tapi jika kamu menikmatinya pasti tidak akan terasa sulit kok. Ini hanya pembiasaan saja. Atau kalau kamu punya cukup uang, kamu bisa les gitar. Dan untuk kamu yang budgetnya terbatas, cukuplah bermain secara otodidak (seperti saya T_T. Tapi otodidak juga tidak kalah keren lhoo, hahaha).

2. Gitar Listrik

Gitar-gitar listrik. Kamu pilih yang warna apa? Gambar diambil dari google images

Gitar listik (saya belum punya, hehehe, tapi cukup paham kok) adalah gitar yang membutuhkan ampli atau speaker supaya suaranya bisa terdengar. Tanpa ampli juga bisa kok, hanya saja suaranya kecil banget kwkwk. Gitar ini menggunakan pick up untuk menangkap resonansi suara lalu disampaikan ke ampli atau speaker. Gitar listrik memiliki beragam efek, contohnya efek distorsi, zoom, metal, dll.

Jenis-jenis dari gitar listrik lumayan banyak. Yang saya tahu perbedaannya hanyalah dari model, sesuai dengan nama pembuatnya. Jadi inilah jenis gitar listrik yang umum dikenal di dunia pergitaran.

a. Gitar model Les Paul

 

Gitar model Les paul. Sumber gambar: pixabay.com

b. Gitar Elektrik model Hollow Body

Gitar ini memiliki lubang karena itulah disebut gitar hollow body. Sumber gambar wikimedia commons

c. Gitar  model Stratocaster

Gitar elektrik model stratocaster
Gitar fender stratocaster. Sumber: flickr.com

d. Gitar model Telecaster

Gitar elektrik model telecaster
Gitar elektrik model telecaster. Sumber gambar: pisabay.com

e. Gitar model Flying V

gitar elektrik model flying v
Gitar model flying V. Bentuknya mirip huruf v. Sumber: pixabay.com

3. Gitar lain-lain


Gitar ini tidak umum, tapi ada. Salah satunya adalah gitar 12 senar. Gitar ini memiliki suara yang nyaring. Saya pernah memainkannya, gitar ini agak kurang nyaman ketika bermain fingerstyle. Tapi bagi yang cocok, ya cocok aja sih.

gitar 12 senar
Gitar 12 senar. Wah pasti genjreng banget ya? Sumber: wikimedia commons


Lalu harp-gitar, harp-gitar adalah gabungan dari harpa dan gitar. Unik ya? Saya tidak bisa memainkannya, dan tidak terlalu tertarik, sepertinya cukup rumit.

harp gitar
Harp gitar, bagi yang suka ekstrim. Gambar diambil dari wikimedia commons.

Gitar dua neck. Gitar ini biasanya terdiri dari gabungan antara gitar akustik dan gitar elektrik. Tapi penggabungannya bisa berbeda-beda, sesuai selera. Agak ribet, kalau dipikir-pikir. Tapi ini unik, cocok bagi yang pecinta kreativitas.
gitar dua neck
Gitar ibanez dua neck. Cocok bagi kamu yang suka tampil beda! Gambar diambil dari wikimedia commons.

Masih banyak lagi gitar-gitar yang nyeleneh yang lainnya. Saya pikir cukup sampai di sini saja, soalnya kreativitas manusia itu tanpa batas, dan saya pikir satu artikel tidak cukup untuk menampung banyaknya jenis gitar yang lain-lain.

Oke sekian dulu dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat. Share ya bila kamu menyukainya ^^. Sekarang kamu paham mengenai jenis-jenis gitar, tentuin mana yang ingin kamu beli dan mana yang ingin kamu pelajari. Setiap orang pasti memiliki kehebatannya sendiri. Salam genjreng! Gitarex!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar