Sabtu, 22 April 2017

Ingin Mahir Bermain Gitar? Ikuti 5 Tips Ampuh Ini!

Cara-Cara Belajar Gitar

belajar gitar
Gambar orang memainkan gitar
Bermain gitar itu keren! Kamu sependapat gak sama saya? Main gitar juga banyak manfaatnya, membuat kita senang, membuat kita enjoy, membuat kita relaks, membuat kita terlihat keren (pede banget ya?), mengasah pikiran kita, dll. Jadi apakah kamu tertarik untuk belajar gitar? Apakah kamu tertarik untuk memainkan gitar (dan memainkan sebuah lagu untuk dia? Oh Tuhan, ku cinta dia, ku sayang dia, ups... kok malah jadi nyanyi ya?)

Tanpa basa-basi dan berpanjang lebar, ayo kita mulai pembahasan singkat ini.

1. Harus Punya Gitar

harus punya gitar
Kalau mau belajar, kita harus mempunyai gitar.

Kalau kamu ingin belajar gitar, tentu kamu harus punya gitar. Kalau pinjem gimana kak? Boleh sih, tapi menurut saya kurang efektif. Kenapa? Jelas kalau kita minjem gitar entah itu teman atau saudara, pasti ada kalanya gitar itu akan diambil oleh pemiliknya. Untuk itu kita harus punya gitar, gak apa-apa gitar jelek juga. Yang penting, di titik awal ini, kita mempelajari dasar-dasarnya, seperti jumlah senar, kunci-kuncinya, cara setel senar gitar, dll.

Berapaan harga gitar, kak? Bervariasi, dari yang 100 rb sampai jutaan. Untuk awalan, mending beli gitar sayur alias gitar yang murah. Entar kalau udah mendalami kamu bisa memutuskan untuk membeli yang agak mahalan dikit.

2. Pelajari Chord atau Kunci Gitar

dasar-dasar chord
Inilah chord-chord dasar yang musti dipelajari

Ini penting banget. Kamu pelajari kunci-kunci yang sederhana. Kunci yang pertama saya pelajari adalah kunci C. Coba lagu yang mudah dulu, dan biasanya lagu yang mudah suka pakai kunci C. Tapi bebas sih, kunci A, D, E juga boleh. Setelah kamu mempelajari kunci-kunci awal dan sudah terbiasa, kamu bisa belajar kunci gantung atau kunci tegak.

Jadi untuk latihan, kamu mending belajar gonjrang-gonjreng dulu dengan chord yang sederhana seperti ini, C-G-Am-Em-F-C-Dm-G. Nah itu pola dasarnya, gonjrang-gonjreng aja sampai lancar. Nanti setelah itu kamu bisa coba bereksperimen, pake pola-pola yang lain. Jangan takut gagal, dan teruslah belajar.

(Baca juga artikel hebat ini: Belajar Kunci (Chord) Gitar dari Pemula Hingga Profesional)

3. Latihlah Jari Kamu untuk Belajar Petikan (Fingerstyle)

belajar fingerstyle
Main gitar dengan cara dipetik terkesan lebih asyik. Belajar fingerstyle yuk!

Kalau kamu udah cukup mahir dalam genjrengan, kamu bisa melatih jari-jarimu untuk belajar petikan. Tidak ada aturan baku dalam memetik gitar, namun jika saya boleh bersaran kita pakai yang umum saja. Jari jempol untuk senar 4,5,6 (senar bass), lalu jari telunjuk untuk senar 3, jari tengah untuk senar 2, dan jari manis untuk senar 1. Jari kelingking bagaimana, kak? Jari kelingking duduk manis aja, hehehe.

Nah coba kamu petik senarnya satu-satu sesuai posisi jari-jari kamu. Emang awalnya pasti gemetaran, karena saya pernah merasakannya juga. Tapi terus aja lakukan, semakin sering semakin terbiasa. Seperti yang saya katakan tadi, gak ada aturan baku. So, jari telunjuk bisa aja main di senar bass. Tapi jangan ambil pusing, pelajari aja sebisa mungkin, ini hanya masalah waktu aja kok.

4. Latihan dan Pembiasaan

latihan dan pembiasaan main gitar
Seorang perempuan bermain gitar. Terlihat makin manis ya? Kamu pasti lebih manis lagi ^^

Semuanya hanyalah masalah pembiasaan. Ala bisa karena biasa. Saya bukannya menganjurkan untuk tidak berhenti main gitar. Toh kita bukan robot. Istirahat aja kalau udah lelah. Terus kalau putus asa gimana, kak? Gampang, sambung lagi aja. Gitu aja kok susah ^^.

Yang namanya kesal dan emosi itu pasti ada. Tapi yang terpenting adalah nikmati aja. Entar kalau kamu udah bisa, kamu gak akan menyangka. Eh aku udah bisa? Horayy!!! Rayakan! Makan-makan ke Pizza Hut, entar ajak saya ya? hahahha.

Sekarang kamu mau terbiasa belajar gitar? Beberapa menit per hari sudah sangat efektif. Emang hasilnya tidak kelihatan. Tapi jangan salah, hasil itu suka menipu, dia gak kelihatan, padahal sebenarnya ada. So, tetap berlatih, jangan menyerah! Tunjukan semangat ninjamu! (kayak naruto kwkwk)

5. Lihat Cara Orang Memainkan Gitar

permainan gitar
Perhatikan cara orang bermain gitar. Itu akan membuatmu makin semangat!

Lihat di youtube ataupun teman-teman kamu. Kamu pasti akan menemukan teknik-teknik yang baru. Itu akan membuatmu penasaran, sehingga kamu pun mau untuk belajar. Salah satu hal yang kuat, yang mendorong kita ingin selalu belajar adalah rasa penasaran. Tetaplah penasaran, seperti anak kecil yang selalu ingin tahu. Buktinya perkembangan seorang anak kecil bisa lebih kuat dibandingkan seorang dewasa. Jadilah anak kecil yang bijak, dan jangan meminta balon kotak (susah dicarinya. Hehehe)

Ya setahu saya, 5 poin itu cukup kuat untuk memberikan power dalam belajar gitar. Saya sudah merasakan 5 poin itu. Kadang saya suka miris terhadap gitar tercinta, ya gitar saya sudah agak bengkok, tapi gitar saya emang gitar is the best, dia gak ngeluh meskipun saya suka mengeluh padanya kwkwkw. Gitar itu teman yang baik, dia ada kalau kamu sedih, dia ada kalau kamu senang. Setidaknya dia cukup bisa diandalkan untuk berteman.

Sekian dari saya. Jadi tunggu apa lagi? Ambil gitarmu, mulailah beraksi layaknya bintang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar