Minggu, 23 April 2017

5 Cara Merawat Gitar Supaya Tetap Fresh

Apa saja cara untuk merawat gitar?

cara merawat gitar dengan benar

Gitar itu butuh perawatan. Gitar itu butuh kasih sayang. Jangan biarkan ia berdebu, atau nanti ia akan bengkok dan gak enak untuk dimainkan. Seriusan nih! Coba saya ingin tahu, apakah kamu rutin membersihkan gitar kamu? Tidak? Oh ya ampun! Gitar kamu nanti sakit lho.

Gitar itu harus dirawat betul-betul supaya tetap fresh seperti baru. Lalu apa aja caranya kak? Gampang! Kamu mau melakukannya? Udah gak sabar ya? Ayo sekarang kita mulai!

1. Ganti Senar dengan Rutin



Ini penting sekali. Gantilah senar kamu dengan rutin! Jadi apakah tiap hari harus diganti? Enggak gitu juga kali! Cukup sebulan sekali, untuk senar gitar yang murah. Katanya sih senar Elixir (harganya seharga gitar sayur, untuk 6 buah senar) bisa bertahan selama 6 bulan, tapi kalau gitar kamu gitar sayur mending pakai senar yang murah aja. Senar mahal tidak cocok untuk gitar murah. Bukannya menghina, tapi emang benar, coba aja kalau gak percaya. Soalnya saya pernah mengalaminya juga, di youtube juga ada, coba aja cari Teoakustik, dia pernah ngasih review di channel youtubenya.

Jadi seperti itu, ganti senarnya secara rutin ya. Sebulan sekali udah cukup. Ngemodal aja sedikit, biar gitarnya gak cepat rusak. Terus kalau mau ganti, ganti satu set! Jangan ganti satu senar! Supaya enak dimainkan.

2. Bersihkan Gitar Secara Rutin


Ini sama pentingnya. Dan kalaupun kamu pakai senar yang bertahan 6 bulan, jangan tunggu 6 bulan baru bersihin gitar. Jangan sampai ada jamur di senar dan fret gitar kamu. Itu berbahaya! Fretnya bisa buzz atau fals. Kamu harus jaga benar-benar, sebab kalau udah buzz fretnya, repot! Susah gantinya. Saya pernah mengalaminya. Suram banget.

Jadi bersihin secara rutin ya. Bersihin pakai lap yang sedikit basah. Terus bersihin senarnya kalau ada jamur atau daki, fretnya juga. Bagian dryer atau pemutarnya kasih oli biar gak karatan. Sayangilah gitarmu, sebelum ia rusak.

3. Simpan di Tempat yang Aman

hardcase gitar
Hardcase gitar. Gambar diambil dari pixabay.com

Maksudnya di sini, bukan ditaro di kulkas ya. Simpan dalam tas atau hardcase kalau kamu punya. Atau simpan di tempat yang gak mudah terjatuh. Kalau jatuh ya, tau sendirilah. Bisa mempengaruhi suara, bisa juga membuat necknya bengkok, alias senarnya ketinggian untuk dipencet. Jangan digantung, kecuali jika kamu yakin itu cukup aman.

4. Jangan Suka Terbentur


Ada orang yang ceroboh, yang suka membentur-benturkan gitarnya. Ada juga yang suka ngebanting-banting gitar, tapi jangan ditiru ya? Sayang jadi mubazir, kwkwkw, padahal kasih kita aja ya? Kita juga butuh.

Mengapa jangan terbentur? Gitar itu kan kuat? Terbentur dikit juga udah pengaruh ke suara, misal terbentur tembok. Pengaruh ke konstruksi kayunya, dan juga bisa ngaruh ke neck.

5. Kalau Tidak Dimainkan, Mending Kendurkan Senarnya

tips ampuh merawat gitar
Kendurkan ya, biar necknya tidak cepat bengkok

Maksudnya, kalau tidak akan dimainkan dalam jangka waktu panjang, mending dikendurin aja. Nanti necknya bisa bengkok kalau senarnya tetap kencang. Sayang banget kan? Kalau gitar mahal jadi bengkok karena hal yang sederhana seperti itu. Tapi kan ada trusroad untuk meluruskan neck? Ya mending berjaga-jaga aja. Lebih baik menjaga daripada mengobati. Ya kan?

Jadi itu kiat-kiat yang saya gunakan dalam merawat gitar saya. Kamu bisa mencobanya, atau mungkin kamu punya cara sendiri, kamu bisa membagikannya lewat kolom komentar. Dengan demikian kita bisa membantu para pemain gitar dalam dunia pergitaran. Terimakasih, dan sampai jumpa lagi. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar